Who's the "Rich"man in the world?

By Fransisca Rhanie Wulandari
Surat kabar berbahasa Inggris terbitan India, "The Times of India", Selasa, memberitakan rekor terbaru orang terkaya di dunia dipegang oleh pengusaha asal negeri itu, Mukesh Ambani, dengan kekayaan mencapai US$63,2 miliar.
Jumlah kekayaan sebesar itu menempatkan Mukesh lebih kaya dibanding miliuner Amerika Bill Gates, investor Warren Buffet, taipan Meksiko Carloss Slim, dan saudagar baja L N Mittal - yang juga berasal dari India.
Bila kekayaan Mukesh digabung dengan kekayaan saudara laki-lakinya yang bernama Anil Ambani, diperkirakan mereka layak dinobatkan sebagai keluarga yang paling kaya di seluruh dunia karena total pundi kekayaan melebihi US$100 miliar.
Kekayaan Mukesh disebut-sebut datang dari lonjakan harga saham berbagai perusahaan miliknya, seperti Reliance Industries, Reliance Petroleum, dan Reliance Infrastructure.
Perusahaan-perusahaan itu tercatat sebagai perusahaan dengan saham yang paling tinggi dan paling diminati.
Namun bagi sebagian pemain bursa, rekor kekayaan Mukesh ini masih diragukan karena Mukesh tidak secara langsung memiliki semua saham di tiga perusahaan tadi.
Kekayaan Mukesh seharusnya dihitung hanya dari perusahaan yang benar-benar dia miliki secara penuh, yaitu RIL, yang diperkirakan bernilai US$46 miliar.
Bila hanya dihitung sebagai pemilik RIL, yang harga sahamnya di bursa pasar India ENSEX tercatat tumbuh paling melonjak dibanding saham lain (292%), Mukesh tetap menjadi salah satu orang terkaya di dunia.
 

0 comments so far.

Something to say?